Selasa, 28 Februari 2012

7 Hal yang Harus Anda Tahu Saat Travelling dengan Bayi



Beberapa pasangan muda melakukan travelling, bahkan lintas negara, sambil membawa bayi. Hal ini bukanlah suatu halangan, asalkan kita tahu triknya.

Travelling namun menitipkan bayi pada keluarga, pasti bikin hati tak tenang. Namun, membawa bayi sambil travelling tentu membutuhkan perhatian khusus. detikTravel, Selasa (28/2/2012) menyusun 5 hal penting yang harus Anda tahu saat travelling dengan bayi:

1. Siapkan tas khusus bayi

Entah travelling dengan koper atau backpack, Anda tetap harus menyiapkan tas khusus untuk bayi Anda. Ini adalah tas perlengkapan bayi, yang Anda isi dengan berbagai kebutuhan.

Siap sedia selalu dengan tas ini yang Anda isi dengan popok, baju ganti, kotak susu dan botolnya, air panas serta aneka barang lain yang penting.

2. Kereta bayi wajib dibawa

Banyak cara untuk membawa bayi saat travelling, termasuk dengan baby trolley alias baby stroller. Membawa benda ini penting agar Anda tidak selalu harus menggendong si junior. Pilihlah kereta bayi yang bisa dilipat agar lebih efisien.

Jika destinasi liburan adalah kawasan perkotaan, akan mudah memakai kereta bayi sambil berjalan-jalan. Ke museum, pertokoan, taman kota, akan cocok sekali jika Anda menggunakan kereta bayi untuk si kecil.

Namun jika lokasi tujuan tidak memungkinkan memakai kereta bayi, Anda harus siap dengan rencana cadangan di bawah ini.

3. Gendongan bayi tetap perlu

Sebagai cadangan, siapkan juga gendongan bayi atau baby carrier. Baik model gendong di depan, atau model lain. Beberapa jenis backpack juga memiliki gendongan bayi.

Gendongan bayi tetap perlu, karena terkadang kawasan yang kita datangi saat travelling kurang ramah untuk kereta bayi, misalnya saja pasar yang hiruk pikuk atau jalanan berbatu.

4. Jangan lupa Cooler Bag

Jika sang junior masih menyusui ASI, atau Anda punya makanan khusus yang bisa basi, maka Cooler Bag jadi andalan saat travelling. ASI dan makanan bayi bisa tetap segar dengan Cooler Bag yang dilengkapi dengan Ice Gel.

Saat bermalam di hotel, jangan lupa menaruh Ice Gel sampai beku di freezer. Ice Gel pun siap mendinginkan Cooler Bag dalam petualangan esok harinya.

5. Perhatikan jam tidur bayi

Bayi memiliki jam tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu, sesuaikan itenerary Anda dengan jadwal tidur bayi.

Jika si kecil mengantuk, saatnya Anda rehat dari kegiatan jalan-jalan, atau beralih ke tempat yang tenang. Menikmati taman dan museum bisa jadi pilihan, sementara bayi Anda tidur di gendongan atau kereta bayi. Suasana tenang membuat bayi tidur nyaman dan Anda pun tidak kehilangan momen jalan-jalan.

6. Kesehatan nomor satu

Jangan sampai bayi Anda malah sakit karena dibawa travelling. Bawa semua obat yang biasa dikonsumsinya. Sebab, belum tentu Anda bisa mendapatkan obat yang dimaksud di kota tempat tujuan travelling.

Hindari pula tempat yang penuh polusi dan asap rokok. Tempat berhawa segar dan rimbun seperti perkebunan, kebun raya, atau kebun binatang bisa menjadi pilihan destinasi dengan kualitas udara yang baik.

7. Minta fasilitas khusus

Enaknya travelling membawa bayi adalah Anda bisa meminta fasilitas khusus. Mulai dari penerbangan, Anda punya hak untuk naik dan turun pesawat lebih dulu. Anda juga bisa check in di loket khusus. Kontak maskapai Anda untuk memastikan fasilitas apa yang didapat karena membawa bayi.

Di negara maju seperti Australia, Jerman, Singapura, AS, ada seabrek fasilitas khusus untuk mereka yang membawa bayi. Tempat duduk khusus di bus atau kereta, lift di stasiun, antrean khusus di sejumlah tempat umum, ruang menyusui dll. Optimalkan semua fasilitas ini untuk kenyamanan Anda dan si bayi.

(Detiktravel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar