Sabtu, 11 Mei 2013

Yuk, Cegah Kanker Payudara dengan Mulai Latihan Aerobik!

Yuk, Cegah Kanker Payudara dengan Mulai Latihan Aerobik!

Mendengar kanker payudara identik menyerang kaum wanita. Sebenarnya, penyakit ini bisa dicegah dengan mengubah gaya hidup mulai dari sekarang. Hindari gaya hidup menetap dan mulailah aerobik!

Latihan aerobik bisa mengurang risiko terkena kanker payudara dengan mengubah cara pemecahan dan metabolisme estrogen

Peneliti membagi dua kelompok dalam penelitian, yakni kelompok kontrol dengan gaya hidup yang menetap selama penelitian, dan kelompok intervensi pada wanita muda yang mengubah gaya hidupnya dengan melakukan latihan aerobik 30 menit dari yang ringan hingga berat sebanyak lima kali seminggu. Latihan aerobik tersebut termasuk treadmill, stair steppers atau elliptical machines.

Hasilnya, pada kelompok intervensi metabolisme estrogen 'baik' setelah 16 minggu meningkat. Estrogen ini yang berhubungan dengan menurunnya risiko kanker payudara. Wanita yang berolahraga aerobik menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam massa otot, hilangnya massa lemak, dan komposisi tubuh lebih baik.

Kadar estrogen berkaitan dengan risiko kanker payudara. Hormon tersebut akan naik pada puncak kesuburan wanita dan keberadaannya di tubuh bisa didorong oleh obat tertentu dan kondisi medis.

Peneliti menduga, timbunan lemak yang berlebih, perilaku yang menetap atau keduanya bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Untuk itu, latihan aerobik penting dalam memoderasi efek estrogen.

"Latihan, yang dikenal bisa mendukung kebugaran dan meningkatkan kesehatan jantung, juga kemungkinan membantu mencegah kanker payudara dengan mengubah metabolisme estrogen," kata Mindy S. Kurzer, Ph.D., profesor di Departemen Ilmu Pangan dan Gizi di University of Minnesota di Saint Paul seperti dikutip dnaindia, Minggu (12/5/2013).

Menurutnya, studi observasional menunjukkan aktivitas fisik menurunkan risiko kanker payudara, tetapi tidak ada studi klinis yang menjelaskan mekanisme tersebut.

Hasil studi ini dipublikasikan di Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, sebuah jurnal dari American Association for Cancer Research.

Kurzer juga bekerja sama dengan peneliti di University of Pennsylvania di Philadelphia, pada wanita dengan risiko tinggi untuk kanker payudara.

Jadi, untuk apa menunggu. Mari mulai biasakan berolahraga!

Sumber: liputan6.com

Inilah Alasan Utama Pria Suka Payudara Wanita


Alasan Utama Pria Suka Payudara Wanita

Penulis buku terkenal Larry Young dan Brian Alexander mengumpulkan alasan utama pria yang terobsesi payudara wanita dalam bukunya yang berjudul 'The Chemistry between us: Love, Sex and the science of attraction'.

Di bukunya, kedua orang ini menuliskan alasan utama pria terobsesi payudara wanita adalah hormon yang dilepaskan saat menyusui.

"Hormon ini membentuk ikatan yang kuat antara ibu dan bayi, dan juga memelihara ikatan yang kuat antara kekasih," jelas Young, seperti dilansir TimesofIndia, Jumat (11/5/2013).

Young beranggapan kalau pria adalah satu-satunya mamalia jantan yang selalu terpesona oleh payudara dalam konteks seksual.

"Dan wanita adalah satu-satunya mamalia betina yang payudaranyanya terus membesar saat pubertas, kehamilan dan melahirkan," ujarnya.

Young juga mengungkapkan para pria yang senang membelai, memijat dan secara lisan merangsang payudara wanita selama foreplay dan seks.

"Payudara memang sangat menarik perhatian pria. Ini biologis dan sudah tertanam dalam-dalam di otak kita," tulisnya.

Sumber: liputan6.com

Penasaran Seks Tanpa Orgasme? Karezza Jawabannya!!

Penasaran Seks Tanpa Orgasme? Karezza Jawabannya!

Berhubungan intim diklaim adalah usaha untuk meningkatkan suatu hubungan. Dalam istilah sederhana, seks tanpa kasih sayang akan percuma.

Seperti dilansir TimesofIndia, Sabtu (11/5/2013), seksolog ternama Dr Gabrielle Morrissey menyampaikan fokus pada seks sebagai pengalaman sensual adalah hal yang penting. Karezza disebut-sebut adalah praktek seksual yang baik dilakukan pasangan.

"Ini akan membuat pasangan berpikir tentang memberi dan menerima kenikmatan tanpa mendapatkan klimaks bercinta,"ujarnya.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika berhubungan seksual, seseorang akan menghargai hubungannya lebih erat dari sebelumnya. "Dengan Karezza ini pasangan akan terus mengejar orgasme," tambah Dr Morrisse.

"Berhubungan seksual memang perlu dilakukan untuk menjaga romantisme hidup antara pasangan yang paling dibutuhkan selama hidupnya,"ujarnya.

"Pasangan yang melakukan Karezza cenderung bercinta lebih sering daripada mereka yang melakukan seks konvensional," katanya.

Menurut Morrisse, Karezza telah memperkuat keyakinannya bahwa praktek seksual ini meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan.

Karezza adalah melakukan hubungan seks secara teratur tanpa diakhiri dengan orgasme.

Sumber: liputan6.com

Banyak Orang Alami Stres Justru di Hari Minggu

Banyak Orang Alami Stres Justru di Hari Minggu

Hari minggu biasanya dianggap sebagai hari untuk beristirahat. Tapi, bagi sepertiga masyarakat Inggris, kenyataan yang ada tidak seperti itu. Justru masyarakat di sana menganggap, kalau hari minggu adalah hari paling menegangkan.

Hampir dua pertiga masyarakat di sana disurvei, dan 65 persen mengatakan kalau dirinya memiliki jadwal yang sangat padat justru di hari Minggu, daripada di hari-hari kerja.

Satu dari sepuluh orang mengaku telah menghabiskan sebagian besar hari Minggu mengkhawatirkan kerja di hari berikutnya. Sementara 67 persen mengatakan 'Sunday Blues' ingin disingkirkan di beberapa titik dalam sehari.

Lebih dari setengah dari dirinya yang disurvei, sebanyak 51 persen percaya bahwa Minggu adalah hari untuk mendapatkan sesuatu.

Penelitian di saluran televisi benar-benar menemukan bukan dipakai untuk istirahat tapi sibuk dengan urusan rumah. Rata-rata 3 jam 36 menit dihabiskan menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga seperti menyetrika, mencuci, belanja bahan makanan dan bersih-bersih.

Lebih dari 2.000 orang dewasa Inggris mengambil bagian dalam Sunday Stress Audit untuk saluran televisi tersebut. Hal ini menemukan fakta bahwa sepertiga warga Inggris mengakui bahwa dirinya tidak pernah mendapatkan waktu untuk bersantai. Lebih dari setengah 53 persen mengakui bahwa dirinya begitu sibuk kita tidak pernah mendapatkan waktu untuk membaca koran di hari Minggu dengan benar.

Clare Laycock, Really's General Manager, mengatakan, "Sudah jelas bahwa terjadinya Sunday blues benar-benar melemparkan bayangan selama akhir pekan untuk banyak orang."

Seperti dilansir Dailymail, Minggu (12/5/2013), hari Minggu biasanya orang menghabiskan waktu untuk:
  • 2 jam mempersiapkan dan memasak makan siang di hari Minggu
  • 26 menit makan siang di hari Minggu
  • 3 jam dan 36 menit untuk melakukan pekerjaan
  • 2 jam 25 menit menghibur dan jalan-jalan bersama anak-anak.
Total keseluruhan yang digunakan adalah 8 jam 45 menit.

Sumber: liputan6.com

Jumat, 10 Mei 2013

Turkish Airlines Cabut Larangan Pramugari Berlipstik Merah

Turkish Airlines Cabut Larangan Pramugari Berlipstik Merah
Turkish Airlines akhirnya mencabut larangan menggunakan lipstik warna merah untuk para pramugari.

Maskapai penerbangan Turkish Airlines, Jumat (10/5/2013), membatalkan aturan yang melarang pramugari maskapai itu mengenakan lipstik berwarna merah cerah.

Keputusan ini diambil setelah muncul gelombang tuduhan bahwa larangan itu adalah salah satu upaya Islamisasi perusahaan pemerintah Turki itu.

Direktur Eksekutif Turkish Airlines, Temel Kotil, mengumumkan langkah ini melalui media dan balik menuding para eksekutif level menengah perusahaan yang terlalu bersemangat untuk memberlakukan larangan itu.

"Semua staf bisa memakai lipstik warna apapun. Larangan menggunakan lipstik merah tidak disetujui atasan kamiu," kata Kotil kepada harian Hurriyet dan Milliyet.

Awal bulan ini, Turkis Airlines mengatakan larangan penggunaan lipstik berwarna merah karena perusahaan lebih memilih para staf di bagian pelayanan, mengenakan riasan wajah yang sederhana dengan warna-warna ringan.

Larangan itu memicu protes di kalangan perempuan Turki. Untuk memprotes kebijakan Turkish Airlines itu, sejumlah perempuan mengunggah foto mereka ke media sosial sambil mengenakan  lipstik berwarna merah menyala.

Beberapa waktu terakhir ini, Turkish Airlines yang 49 persen sahamnya dimiliki pemerintah Turki itu, juga telah menghentikan layanan minuman beralkohol dalam penerbangan rute domestik. 

Sumber : Al Arabiya

Kamis, 09 Mei 2013

Kisah Jenderal Jasin bebaskan budak seks di sarang tentara

Kisah Jenderal Jasin bebaskan budak seks di sarang tentara
Jenderal Moehammad Jasin. ©buku Gramedia Pustaka Utama/Memoar Jasin Sang Polisi Pejuang

Dua aparat Brimob dan seorang anggota TNI menjadi beking dalam perbudakan buruh kuali di Kabupaten Tangerang. mereka dilaporkan ikut menjaga para buruh agar tidak kabur. Aparat yang harusnya melindungi rakyat ini kadang justru ikut memukuli para buruh yang diperlakukan bagai binatang.

Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, bila terbukti terlibat maka sanksi tegas bakal mengancam dua Brimob yang diduga ikut terlibat dalam kasus perbudakan buruh pabrik kuali di Tangerang, Banten.

"Sanksinya jika terbukti ada tiga ya. Sanksi disiplin, etika dan Pidana," kata Jenderal Timur Pradopo soal kelakukan miring anak buahnya.

Para anggota Brimob itu tak berkaca dari teladan Komisaris Jenderal Polisi Mohammad Jasin. Dialah jenderal yang dikenal sebagai Bapak Korps Brimob Polri.

Pada tahun 1945, di daerah Surabaya dan sekitarnya, nama Mayor Sabarudin sangat ditakuti. Dia menjabat Komandan Polisi Tentara Keamanan Rakyat (PTKR) Karesidenan Surabaya. Walau polisi militer, kelakuan Sabarudin jauh dari teladan seorang perwira militer.

Sabarudin berlaku sebagai penguasa. Dia memenggal seorang pemuda di alun-alun Surabaya karena kalah bersaing dalam urusan cinta. Enteng pula Sabarudin menembaki orang-orang yang dituduhnya mata-mata Belanda. Tak ada yang berani pada Sabarudin ketika itu. Polisi dan tentara juga takut pada Sabarudin.

Sabarudin juga gemar menculik tahanan wanita Belanda. Dia memilih yang cantik-cantik untuk dijadikan budak seks. Para wanita itu disekap di markas PTKR. Mereka dinikahi paksa oleh Sabarudin dan dipaksa melayani napsu seks si komandan bejat ini.

Puncaknya, Sabarudin bahkan berani menculik Jenderal Mayor Mohammad. Penyebabnya, Jenderal Muhammad menolak memberinya uang operasional. Memang sudah lama, Mohammad mencurigai Sabarudin yang gemar korupsi.

Maka markas besar angkatan perang merasa perlu mengambil tindakan tegas. Jenderal Soedirman sendiri yang memanggil Inspektur Polisi Jasin ke Yogyakarta. Jasin adalah Komandan P3 atau Pasukan Polisi Perjuangan, saat ini disebut Brigade Mobil atau Brimob. Soedirman memerintahkan Jasin melucuti pasukan Sabarudin dan menangkapnya.

"Pimpinan Divisi Tentara itu takut pada Mayor Sabarudin. Oleh karena itu saya memberikan tugas itu pada Saudara Jasin. Panglima besarlah yang bertanggung jawab," demikian jawaban Sudirman seperti ditulis dalam buku Memoar Jasin Sang Polisi Pejuang: Meluruskan Sejarah Kepolisian Indonesia yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama, Jakarta tahun 2010.

Maka Jasin pun mengumpulkan pasukannya di Surabaya. Ada dua setengah kompi, sekitar 200 orang anggota pasukan ditambah dua mobil lapis baja. Mreka segera bergerak menuju Mojokerto, tempat Sabarudin bersarang.

Pasukan Jasin bergerak cepat dan taktis. Mereka menyebar mengepung markas Sabarudin. Tanpa perlawanan Sabarudin menyerah. Jasin pun menahan dan melucuti mereka.

"Dalam penggerebekan itu ditemukan delapan wanita Eropa yang sedang hamil dan empat besek penuh perhiasan emas dan berlian. Wanita dan emas itu diduga dirampas dari kamp-kamp tahanan bangsa Eropa," kata Jasin.

Semua temuan itu tak ada yang dikorupsi Jasin. Dia menyerahkan semuanya pada dewan pertahanan Surabaya di Mojokerto.

Sabarudin akhirnya diadili dan diputus bersalah. Dia dihukum penjara. Tindakan Jasin menyelamatkan para wanita itu dari perbudakan seks sekaligus memulihkan keamanan di Surabaya dan sekitarnya.

Sumber: merdeka.com


Doyan Makan Telur Beresiko Sakit Jantung?



Sehat tidaknya mengonsumsi telur masih menjadi kontroversi. Pendapat terbaru menyebutkan, konsumsi telur secara berlebihan akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.


Meski selama ini telur dianggap "jahat" karena kandungan kolesterolnya, tapi menurut penelitian yang dimuat dalam New England Journal of Medicine, ternyata bukan kolesterol dalam telur yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Zat metabolit yang ditemukan dalam kuning telur yang disebut licithin disebut sebagai biang keladinya. Saat lecithin dicerna, ia akan dipecah menjadi komponen yang berbeda, termasuk senyawa kimia kolin.

Ketika bakteri di usus memetabolisme kolin, akan dilepaskan kandungan yang oleh liver diubah menjadi komponen yang disebut trimethylamine N-oxide (TMAO).

"TMAO akan mempercepat plak dan pengumpulan kolesterol di pembuluh darah sehingga risiko penyakit jantung dan stroke meningkat," kata Stanley Hazen, kepala departemen kedokteran sel dan molekuler di Cleveland, AS.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dua minggu setelah kelompok peneliti melaporkan tentang carnitin (ditemukan di daging merah dan minuman energi) dan risiko serangan jantung.

"Kedua penelitian ini menunjukkan cara baru yang potensial untuk mengenali risiko pasien terkena penyakit jantung," kata Hazen.

Lantas, perlukah kita membuang kuning telur? Belum perlu. Menurut Hazen, masih diperlukan studi lebih mendalam untuk mengonfirmasi penemuan awal ini.

"Konsumsi dalam jumlah sedang adalah kunci. Selain itu kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi dan kolesterol karena mengandung zat kimia yang akan diubah menjadi TMAO," katanya.


Sumber : Womens Health

10 Makanan Penyebab Susah Tidur


Ilustrasi makan es krim

Jangan selalu menyalahkan stres sebagai penyebab sulit tidur. Apa yang kita makan dan minum sebenarnya juga berpengaruh terhadap gangguan tidur yang kini makin banyak diderita manusia modern ini. Kenali jenis asupan apa saja yang sebaiknya dihindari, terutama jika mata Anda sering merasa susah terpejam di malam hari.

Inilah 10 makanan yang perlu dihindari sebelum tidur guna menghindari gangguan sulit tidur.

1. Kafein

Kafein mungkin baik untuk menjadi teman memulai hari, tetapi tidak untuk menutup hari. Kafein dapat menstimulasi pergerakan saraf sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra. Jika Anda perlu mengonsumsi kafein, pastikan Anda melakukannya maksimal 4 jam sebelum waktu tidur.

2. Alkohol

Alkohol dapat mengganggu tidur dan menyebabkan terbangun di antara jam tidur. Konsekuensinya, tidur menjadi tidak berkualitas.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung senyawa teobromin, feniletilamin, dan anadamin yang dapat memacu jantung berdenyut lebih kuat sehingga perlu dihindari sebelum tidur.

4. Makanan berlemak tinggi

Makanan ini akan membuat pencernaan bekerja ekstra sebelum tidur. Jika memaksakan diri untuk tidur setelah makan makanan ini, akan terjadi peningkatan risiko heartburn, yaitu asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

5. Daging merah

Daging merah juga menyebabkan pencernaan bekerja ekstra. Jika butuh asupan protein, sebaiknya ganti dengan sumber protein lain yang lebih mudah dicerna seperti yogurt.

6. Makanan manis

Cake cokelat, cookies, dan makanan manis lainnya akan meningkatkan gula darah sehingga tubuh menjadi lebih berenergi.

7. Makanan pedas

Meskipun memiliki manfaat penyembuhan, makanan pedas dapat membuat panas perut sehingga membuat kita terjaga di malam hari.

8. Es krim

Es krim dapat meningkatkan kadar gula darah yang merangsang otak untuk tetap terjaga. Selain itu, jika tidak segera digunakan, gula darah akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

9. Sayuran

Sayur-sayuran berdaun hijau bersifat diuretik yang merangsang tubuh untuk buang air. Jika Anda harus bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil, tentu tidur pun jadi terganggu.

10. Oat

Oat mengandung senyawa melatonin yang sebenarnya baik untuk tidur, tetapi serat larut yang tinggi dalam oat memiliki efek yang berlawanan.


Suara Tentukan Daya Tarik Anda


Ilustrasi

Daya tarik seseorang juga dapat ditentukan oleh suaranya. Suara seperti apa yang membuat lawan jenis tertarik?


Sebuah studi terbaru dari Inggris menunjukkan, suara dapat dijadikan salah satu indikator daya tarik seseorang. Dengan mendengarkan suara lawan jenis, seseorang dapat membayangkan ukuran tubuh sehingga menimbulkan ketertarikan.

Para peneliti menemukan, pria dengan suara berat dan wanita dengan suara tinggi lebih disukai karena dinilai lebih memiliki daya tarik. Pria dengan suara dalam atau berat diperkirakan memiliki postur tubuh besar, sedangkan wanita dengan suara tinggi diperkirakan bertubuh kecil.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal PLos ONE ini melibatkan peserta pria dan wanita yang diperdengarkan rekaman beberapa jenis suara.

Peserta pria lebih memilih wanita dengan suara yang tinggi dan mendesah karena mengindikasikan ukuran tubuh yang lebih kecil. Sebaliknya, peserta wanita lebih memilih pria dengan suara yang berat yang mengindikasikan ukuran tubuh yang lebih besar.

Menurut peneliti Yi Xu dan koleganya dari University College London di Inggris, peserta wanita juga menyukai suara pria yang mendesah, karena dinilai lebih tidak agresif yang terkait dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar.

Studi sebelumnya yang dilakukan pada binatang dan burung menemukan bahwa pendengar dapat memperkirakan ukuran tubuh dan tujuan berdasarkan suara. Misalnya suara geraman yang lebih rendah cenderung mengindikasikan ukuran tubuh yang lebih besar, lebih dominan dan penyerang. Sedangkan suara geraman yang tinggi menunjukkan ukuran tubuh yang lebih kecil dan ketakutan.

Studi baru ini menunjukkan suara tetap digunakan manusia sebagai insting binatang tertentu, terlepas dari perkembangan bahasa yang kompleks.

Sumber : Healthday News

Ruang Gelap Bisa Obati "Mata Malas"?


 "Mata malas" termasuk dalam gangguan pada mata yang sering diderita anak-anak. Jika tidak diatasi bisa menyebabkan kehilangan penglihatan permanen. Menurut studi terbaru ruangan yang gelap berpotensi untuk menyembuhkan penyakit tersebut.


Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti asal Amerika Serikat dalam studi yang dipulikasi di jurnal Current Biology. Pada studi ini, para peneliti masih melakukan pecobaan pada anak kucing, yang jika dapat diimplikasikan pada manusia, maka hasil dari studi ini dapat bermanfaat bagi jutaan orang yang menderita penyakit mata ini.

Sebanyak 4 persen dari populasi dunia menderita amblyopia atau mata malas. Pemicu kondisi ini beragam, salah satunya disebabkan oleh katarak, sehingga cahaya terblokir ketika akan masuk ke satu mata, yang mengakibatkan otak tidak mampu mencerna informasi dari mata tersebut, yang kemudian disebut sebagai mata malas. Gejalanya antara lain satu mata tampak tidak bergerak bersama mata lain atau anak sering memiringkan kepala untuk melihat objek.

Sementara anak-anak yang memiliki mata malas dapat mengenakan penutup mata yang rapat, sehingga memaksa mata lain untuk bekerja lebih keras. Namun, sulit untuk melakukan hal demikian sepanjang waktu pada anak berusia 4 atau 5 tahun. Padahal jika sampai dewasa tidak diobati maka mereka akan mengalami kesulitan melihat, kata Kevin Duffy dari Universitas Toronto.

Ruang Gelap

Duffy dan rekannya menyadari beberapa tahun lalu ada anak kucing dengan satu mata yang terganggu dapat sembuh ketika ditempatkan dalam sebuah ruang gelap. Benarkah ruang gelap dapat menyembuhkan anak kucing dengan "mata malas" tersebut?

Untuk mengetahuinya, para peneliti melakukan penelitian pada beberapa anak kucing yang ditutup matanya selama sepekan untuk menciptakan mata malas. Kemudian para peneliti memasukkan mereka ke dalam sebuah ruangan gelap tanpa ada cahaya satu photon pun.

Setelah 10 hari, anak-anak kucing itu pun dikeluarkan dari ruangan gelap. Selama beberapa minggu, para peneliti berhasil menemukan bahwa mereka benar-benar sembuh dari amblyopia.

Berdasarkan percobaan lain, para peneliti percaya bahwa kegelapan membuat sistem visual kucing dapat kembali ke tahap pembangunan awal, sehingga mereka menyebutnya seperti me-"reset" sistem visual. Kendati hasil ini sangat memuaskan, implikasinya terhadap manusia memerlukan penelitian lebih lanjut, ujar Duffy.

Sumber : LiveScience

Main di Luar Rumah Baik untuk Mata Anak

Ilustrasi anak memakai kaca mata

Membiarkan anak bermain di luar ruangan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain memberi kesempatan pada anak untuk lebih banyak bergerak bebas, beraktivitas di luar rumah  juga menghindarkan anak dari risiko miopia atau rabun jauh.


Dua studi baru memperkuat bukti bahwa menghabiskan waktu di luar rumah dapat mencegah dan mengurangi rabun jauh pada anak-anak. Kedua studi ini dimuat dalam jurnal American Academy of Ophthalmology edisi Mei.

Studi pertama berasal dari Taiwan yang merupakan riset pertama yang melibatkan pengambil kebijakan dalam melakukan intervensi kesehatan penglihatan anak. Anak-anak diminta untuk menghabiskan waktu lebih banyak di luar rumah. Sedangkan pada studi di Denmark, para peneliti menemukan kolerasi langsung antara fluktuasi musiman, pertumbuhan mata, dan laju progresi rabun jauh.

Meskipun rabun jauh dapat dikoreksi dengan kaca mata atau penggunaan lensa kontak, namun kondisi ini pada anak dapat bertambah buruk saat mereka beranjak dewasa. Rabun jauh pada anak juga meningkatkan risiko glukoma dan alblasi retina, yang dapat menyebabkan kebutaan.

Kondisi ini mungkin terkait faktor keturunan, namun peneliti percaya faktor lingkungan dapat lebih mempengaruhi, terbukti dengan melonjaknya jumlah kasus penderita rabun jauh di seluruh dunia.

Dalam studi di Taiwan, para peneliti memulai dengan hipotesa bahwa anak yang lebih banyak memghabiskan waktu di luar dapat mengurangi risiko rabun jauh. Hasilnya, anak-anak yang belajar di sekolah tanpa intervensi tidak menunjukkan perbaikan dibandingkan dengan yang diberi intervensi. Intervensi yang dilakukan adalah dengan membiarkan anak-anak  bermain secara rutin selama 80 menit di luar ruangan.

Ketua studi dr. Pei-Chang Wu dari Kaohsiung Chang Gung Memorial Hospital di Kaohsiung Taiwan mengatakan, intervensi lebih efektif diterapkan di sekolah karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah.

Sedangkan studi di Denmark menganalisa data dari percobaan klinis pada tahun 2005. Para peneliti menemukan hubungan antara menghabiskan waktu di luar dan paparan sinar matahari dengan penurunan risiko rabun jauh.

Mereka membagi sekolah menjadi tujuh kelompok, masing-masing mewakili interval musiman yang berbeda panjang waktu siangnya. Negara empat musim seperti Denmark saat musim dingin hanya memiliki panjang siang sekitar tujuh jam, dan saat musim panas mencapai 18 jam.

Pada anak-anak yang berada di waktu siang lebih sedikit memiliki panjang aksial pertumbuhan mata yang lebih tinggi, sehingga memperburuk rabun jauh.


Kiat Menjaga Mata dari Penuaan



Usia yang menua bukan alasan untuk mengalami penurunan penglihatan. Meskipun dipengaruhi keturunan, dengan usaha yang baik, Anda pun masih dapat memiliki penglihatan yang baik di usia lebih dari 40 tahun.


Setelah melewati usia 40 tahun, banyak orang yang mulai bermasalah dengan penglihatan. Masalah ini meliputi mata kering dan presbiopia, yaitu ketidakmampuan untuk melihat fokus pada obyek yang dekat. Masalah tersebut mengakibatkan orang merasa lelah dan sakit kepala.

Pakar kesehatan mata di Wills Eye Institute Philadelphia Amerika Serikat, Julia Haller, mengatakan, seiring bertambahnya usia, lensa mata secara bertahap kehilangan kemampuan untuk fokus. Beberapa orang menolak untuk memakai kacamata, tetapi penurunan penglihatan memang tidak terhindarkan.

Meskipun kita tidak bisa menolak takdir menurunan kemampuan mata, beberapa strategi dapat meminimalkan dampak kerusakan.

Ahli kesehatan mata spesialis terapi penglihatan di Los Angeles, Gary Etting, mengatakan, orang harus menghindari membeli kacamata sendiri tanpa konsultasi sebelumnya kepada ahlinya. Saat ini, memang banyak kacamata yang dijual bebas, tetapi bukan berarti orang bisa bebas memilih sendiri lensa yang paling tepat untuknya.

"Orang sering kali memilih kacamata yang membuatnya melihat paling jelas, tetapi sebenarnya ini lebih dari mereka butuhkan. Hal ini akan membuat kerusakan fokus bertambah parah," papar Etting.

Kacamata yang digunakan saat melihat layar komputer, lanjutnya, juga perlu dibedakan dengan kacamata baca. Jika disamakan, keduanya akan menambah cepat kerusakan penglihatan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan cara mencegah masalah penglihatan saat usia muda. Ternyata cara-cara tersebut juga membantu untuk menjaga mata mereka saat menapaki usia lebih tua.

Dua studi yang dimuat dalam jurnal American Academy of Ophthalmology mengungkapkan, menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dapat membantu mencegah miopia atau rabun jauh pada anak-anak. Meski dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak, miopia dapat memicu glaukoma dan gangguan retina di kemudian hari.

Sumber : FOXNews

Rabu, 08 Mei 2013

Ingin Mulus, Mantan Model Suntikkan Minyak Goreng ke Wajahnya

Ingin Mulus, Mantan Model Suntikkan Minyak Goreng ke Wajahnya
Hang Mioku menjalani operasi plastik pertama pada usia 28 tahun.

Maksud hati ingin kulit mulus dan lembut, tetapi yang diperoleh justru wajah rusak parah secara permanen. Itulah yang dialami perempuan mantan model dari Korea bernama Hang Mioku ini.

Hang jadi pecandu operasi plastik. Ia menyuntikkan minyak goreng ke wajahnya ketika dokter menolak untuk memberikan silikon lagi buat dia. Wajahnya pun jadi berantakan setelah perawatan kecantikan yang dia lakukan sendiri.

Setelah menyuntik habis sebotol silikon dari pasar gelap ke wajahnya, Hang terpaksa menggunakan minyak goreng yang menyebabkan wajahnya jadi sangat bengkak dan terluka. Kondisinya ditampilkan di televisi Korea dan pemirsa yang merasa iba menyumbangkan ribuan dollar untuk membiayai operasi perbaikan wajahnya.

Dalam operasi pertama dari 10 kali operasi, para ahli bedah telah menyingkirkan 60 gram silikon, minyak, dan zat asing lain dari wajahnya serta 200 gram dari lehernya. Namun, wajah Hang masih rusak dan dia bilang bahwa dia ingin memiliki wajahnya yang dulu.

Hang yang kini berusia 48 tahun menjalani operasi plastik pertama pada usia 28 tahun. Setelah itu ia pindah ke Jepang, di mana ia mengulangi sejumlah operasi. Dia menjadi terobsesi untuk memiliki kulit yang halus dan lembut.

Para dokter akhirnya menolak untuk melakukan operasi lebih lanjut terhadapnya setelah wajahnya tampak membesar. Namun, dia berhasil mendapatkan sebotol silikon dan sebuah jarum suntik dari seorang dokter Korea untuk disuntikkannya sendiri. Ketika persediaan silikonnya habis, dia terpaksa menggunakan minyak goreng.

Serangkaian operasi itu telah membuat wajahnya sedemikian berubah. Ketika ia kembali ke Korea, orangtuanya sendiri bahkan tidak mengenalinya. Anak-anak di sekitar tempat tinggalnya memanggil dia "kipas angin berdiri" karena wajahnya begitu besar dibandingkan dengan tubuh mungilnya.

Sejumlah operasi yang dibiayai dengan dana bantuan telah berhasil mengurangi ukuran wajah dan lehernya, tetapi wajahnya masih rusak secara signifikan. Belum lama ini mantan model itu bekerja di sebuah toko pakaian daur ulang yang bernama The Beautiful Shop dan menerima bantuan dari negara.


Istri: Iwan Fals Alhamdulillah Sehat-sehat Saja

Iwan Fals tampil dalam Soundrenaline 2012: Rhythm Revival di lapangan Sunburst Extension, BSD City, Tangerang, Sabtu (3/11/2012) malam.

Manajer sekaligus istri artis musik kawakan Iwan Fals, Rosana, membantah kabar beredar yang menyebut bahwa suaminya meninggal dunia. 

Selasa (7/5/2013), gosip itu tersebar melalui broadcast message (BM). "Turut berduka cita untuk Musisi Terbaik Kita, Bang Iwan Fals yang telah meninggal dunia di Rumah Sakit Putra Medica Jakarta Selatan, pada Pukul 13.41 WIB karena serangan Jantung," begitu isi BM itu.

Berkait dengan kabar tersebut, ketika diminta keterangannya melalui SMS, Selasa larut malam, Rosana atau Yos, istri Iwan, mengabarkan balik bahwa Iwan baik-baik saja. "Pasti mau nanyain keadaan Iwan ya?... alhamdulillah sehat2 aja," tulis Yos kepada Kompas.com.

Sementara itu, melalui akun Twitter-nya, @iwanfals, lelaki kelahiran Jakarta, 3 September 1961, ini memberi tanggapan mengenai gosip tersebut sejak Selasa.

"yg bener tuh sy malah dikasih air putih & bunga warna merah jambu," isi tweet pertama Iwan tentang kabar itu, Selasa, kira-kira pukul 10.30 WIB.

"maksudnya apa ya yg ngisuin sy meninggal?" tulisnya 13 jam kemudian. "ya udah tak doain yg ngisuin sy itu panjang umur, klo perlu gak mati2," sambungnya satu jam sesudahnya. "Amin," imbuhnya satu jam setelahnya.

Sumber: kompas.com

Polahi dan Cerita Mistis yang Melingkupinya...

Polahi dan Cerita Mistis yang Melingkupinya...
Satu keluarga dari Suku Polahi yang ada di pedalaman Hutan Humohulo, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Banyak cerita mistis dan misteri mengenai kehidupan primitif mereka.

GORONTALO,  Polahi adalah salah satu suku terasing yang masih hidup di pedalaman hutan Pulau Sulawesi. Keberadaan mereka terdata berada di sekitar Gunung Boliyohuto, Provinsi Gorontalo.

Beberapa puluh tahun lalu, keberadaan Polahi masih merupakan cerita mistis yang penuh misteri. Paling banyak cerita mengenai suku ini datang dari para pencari rotan yang mengambil rotan di Pengunungan Boliyohuto.

"Para pencari rotan sebelum saya, bercerita bahwa Polahi yang bertemu dengan mereka, selalu merampas barang-barang mereka. Mereka terpaksa menyerahkan makanan dan parang yang dibawa, karena kalau tidak Polahi bisa membunuh mereka," ujar Jaka Regani (48) salah satu pencari rotan yang ditemui di Hutan Humohulo, Panguyaman, Kecamatan Boalemo, Gorontalo, pekan lalu.

Dulu, Polahi tidak mengenal pakaian. Mereka hanya mengenakan semacam cawat yang terbuat dari kulit kayu atau daun woka untuk menutupi kemaluan mereka. Sementara itu, bagian dada dibiarkan telanjang, termasuk para wanitanya. "Tapi sekarang Polahi yang berada di Paguyaman dan sekitarnya sudah tahu berpakaian. Mereka sudah berpakaian layaknya warga lokal lainnya," ujar Rosyid Asyar, seorang juru foto yang meminati kehidupan Polahi.

Suku Polahi dianggap mempunyai ilmu kesaktian bisa menghilang dari pandangan orang. Mereka dipercaya punya kemampuan berjalan dengan sangat cepat, dan mampu hidup di tengah hutan belantara. "Dua puluh tahun lalu ada teman saya yang meneliti mengenai Polahi primitif sempat hidup bersama mereka selama seminggu. Menurut pengakuannya, ketika bertemu dengan Polahi primitif tersebut, matanya harus diusap dengan sejenis daun dulu baru bisa melihat Polahi," jelas Rosyid.

Kehidupan Polahi yang bertahan di hutan pedalaman Boliyohuto dan tidak mau turun hidup bersama dengan warga kampung, membuat cerita mistis mengenai mereka terus bertahan.

Menurut sejarah yang bisa ditelusuri, sejatinya suku Polahi merupakan warga Gorontalo yang pada waktu penjajahan Belanda dulu melarikan diri ke dalam hutan. Pemimpin mereka waktu itu tidak mau ditindas oleh penjajah. Oleh karena itu, orang Gorontalo menyebut mereka Polahi, yang artinya "pelarian."

Jadilah Polahi hidup beradaptasi dengan kehidupan rimba. Setelah Indonesia merdeka, turunan Polahi masih bertahan tinggal di hutan. Sikap antipenjajah tersebut terbawa terus secara turun temurun, sehingga orang lain dari luar suku Polahi dianggap penindas dan penjajah.

Keterasingan mereka di hutan membuat Polahi tidak terjangkau dengan etika sosial, pendidikan dan agama. Turunan Polahi lalu menjadi warga yang sangat termarginalkan dan tidak mengenal tata sosial pada umumnya. Mereka juga tidak mengenal baca tulis serta menjadikan mereka suku yang tidak menganut agama.

Keterasingan itu semakin melengkapi misteri dan cerita mistis suku Polahi. "Awalnya kami takut bertemu dengan Polahi jika sedang berada di hutan mencari rotan, tetapi kini kami malah sering menumpang istirahat di rumah mereka ketika berada dalam hutan," kata Jaka.

Suku Polahi yang ditemui Kompas.com di Hutan Homohulo, Paguyaman, Kabupaten Boalemo, memang menepis sedikit cerita mistis dan misteri yang melingkupi mereka selama ini. "Kami sudah berpakaian sejak lama sekali, tidak lagi telanjang, sudah malu dilihat orang kalau turun ke kampung untuk ke pasar," ujar Mama Tanio, salah satu perempuan Polahi yang ditemui dalam bahasa Gorontalo dengan dialek khas Polahi.

Bahkan menurut Mama Tanio, tayangan sebuah TV swasta nasional beberapa waktu lalu yang memperlihatkan mereka dalam keadaan telanjang, tidak lagi murni seperti itu. "Baba Manio dibayar untuk telanjang waktu itu," aku Mama Tanio yang merupakan istri Baba Manio, Kepala Suku mereka.

Kini, walau belum menghafal sistem penanggalan modern dengan benar, Polahi di Hutan Humohulo setiap pekan turun ke pasar desa untuk menjual hasil kebun mereka dan berbelanja kebutuhan hidup mereka. Bahkan, para Polahi kini menawarkan jasa sebagai buruh angkut barang para penambang yang melewati permukiman mereka.

Setidaknya, Polahi kini sudah mengenal nilai tukar uang. Bahkan. anak-anak Polahi yang sudah dewasa kini sudah mahir menggunakan telepon seluler untuk komunikasi dengan warga lainnya. Kondisi ini mengindikasikan sebenarnya Polahi bisa membuka diri dari sentuhan peradaban sosial.

Pendekatan dari pemerintah untuk membuat mereka mengenal agama dan pendidikan memerlukan kajian yang tepat agar penanganan kehidupan sosial mereka tepat sasaran.

Pemerintah pernah menyediakan mereka lokasi Rumah Layak Huni (Mahayani) di Desa Bina Jaya dengan membangun sembilan rumah untuk mereka huni. Namun, Polahi lebih memilih kembali ke hutan. "Tidak tahan tinggal di kampung, panas sekali, dan kami tidak bisa berkebun," ujar Mama Tanio memberi alasan.

Kebiasaan primitif yang hingga kini masih terus dipertahankan turunan Polahi adalah kawin dengan sesama saudara. Karena tidak mengenal agama dan pendidikan, anak seorang Polahi bisa kawin dengan ayahnya, ibu bisa kawin dengan anak lelakinya, serta adik kawin dengan kakaknya.

Selain di Paguyaman, suku Polahi juga bisa ditemui di daerah Suwawa dan Sumalata. Semuanya berada di sekitar Gunung Boliyohuto, Provinsi Gorontalo. "Memang untuk bertemu dengan Polahi primitif nyaris mustahil, tetapi beberapa orang meyakini hingga kini masih bertemu dengan mereka," kata Rosyid lagi.

Sumber: kompas.com

Di Polahi, Ibu Pun Bisa Kawini Anak Laki-lakinya

Di Polahi, Ibu Pun Bisa Kawini Anak Laki-lakinya Suku Polahi hingga kini masih hidup semi nomaden di pedalaman hutan Boliyohuto, Gorontalo. Mereka masih mempertahankan kepercayaan untuk meninggalkan lokasi yang mereka tempati, jika ada satu anggota keluarga yang meninggal.

GORONTALO,  Bagi masyarakat umum, kawin dengan saudara kandung merupakan sebuah pantangan, dan bahkan tidak bisa ditoleransi. Namun, hal itu tidak berlaku bagi suku Polahi di pedalaman Gorontalo. Mereka hingga saat ini justru hanya kawin dengan sesama saudara mereka.

"Tidak ada pilihan lain. Kalau di kampung banyak orang, di sini hanya kami. Jadi kawin saja dengan saudara," ujar Mama Tanio, salah satu perempuan Suku Polahi yang ditemui di Hutan Humohulo, Pegunungan Boliyohuto, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, minggu lalu.

Suku Polahi merupakan suku yang masih hidup di pedalaman hutan Gorontalo dengan beberapa kebiasaan yang primitif. Mereka tidak mengenal agama dan pendidikan, serta cenderung tidak mau hidup bersosialisasi dengan warga lainnya.

Walau beberapa keluarga Polahi sudah mulai membangun tempat tinggal tetap, tetapi kebiasaan nomaden mereka masih ada. Polahi akan berpindah tempat, jika salah satu dari keluarga mereka meninggal.

Nah, salah satu kebiasaan yang hingga sekarang masih terus dipertahankan oleh suku Polahi adalah kawin dengan keluarga sendiri yang masih satu darah. Hal biasa bagi mereka ketika seorang ayah mengawini anak perempuannya sendiri, begitu juga seorang anak laki-laki kawin dengan ibunya.

Kondisi ini diakui oleh satu keluarga Polahi yang ditemui di hutan Humohulo. Kepala sukunya, Baba Manio, meninggal dunia sebulan lalu. Baba Manio beristri dua, Mama Tanio dan Hasimah. Dari perkawinan dengan Mama Tanio, lahir Babuta dan Laiya.

Babuta yang kini mewarisi kepemimpinan Baba Manio memperistri adiknya sendiri, hasil perkawinan Baba Manio dengan Hasimah. Hasimah sendiri merupakan saudara dari Baba Manio. Kelak anak-anak Babuta dan Laiya akan saling kawin juga.

"Kalau mau kawin, Baba Manio membawa mereka ke sungai. Disiram dengan air sungai lalu dibacakan mantra. Sudah, cuma itu syaratnya," ujar Mama Tanio dengan polosnya.

Keterisolasian mereka di hutan dan ketidaktahuan mereka terhadap etika sosial dan agama membuat suku Polahi tidak mengerti bahwa inses dilarang. Bagi mereka, kawin dengan sesama saudara kandung adalah salah satu cara untuk mempertahankan keturunan Polahi. "Yang mengherankan, tidak ada dari turunan mereka yang cacat sebagaimana akibat dari perkawinan satu darah pada umumnya," ujar Ebbi Vebri Adrian, seorang juru foto travel yang ikut menyambangi suku Polahi.

Memang belum ada penelitian yang bisa mengungkapkan akibat dari perkawinan satu darah yang terjadi selama ini di Suku Polahi. Namun, dibandingkan dengan suku-suku pedalaman lainnya di Indonesia, mungkin hanya Polahi yang mempunyai kebiasaan primitif tersebut. Sebuah ironi yang masih saja terjadi di belahan bumi Indonesia ini.

Sumber: kompas.com

Selasa, 07 Mei 2013

Hebat .... Ibu Jualan Lontong, Anak S-2 di Jerman

Ibu Jualan Lontong, Anak S-2 di Jerman

Mak Wati (60) penjual makanan di dalam Gedung Nusantara I, Kompleks DPR, seorang anaknya berhasil sekolah di Universitas Konstanz, Jerman. Wanita kelahiran Purworejo Jawa Tengah ini telah mulai berjualan di DPR sejak 1984.

JAKARTA, Tak pernah terpikir di benak Watiyah (60) alias Mak Wati bisa melihat putri bungsunya, Riska Panca Widowati (23) menempuh pendidikan S-2 di luar negeri. Pada 2011 lalu, Riska mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan master ke Universitas Konstanz, di Kota Konstanz, Jerman. Sebelumnya, ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di jurusan Sastra Jerman, Universitas Negeri Jakarta, angkatan 2007.

Salah satu yang membuat Mak Wati "serasa bermimpi" adalah kondisi keluarganya yang hanya golongan ekonomi menengah ke bawah. Suaminya, Wagimin, hanya seorang buruh bangunan, sementara Mak Wati berjualan makanan keliling di Gedung DPR, Jakarta. Mak Wati dan Wagimin memiliki lima orang anak.

Mak Wati lantas berkisah, ketika awal mula ia mendapatkan kabar gembira dari putrinya. Awalnya, ia melarang Riska untuk berangkat ke Jerman. Mak Wati khawatir dengan kehidupan yang akan dijalani Riska di negeri orang. Namun, setelah mendapatkan masukan dari banyak orang dan melihat kemauan keras putrinya, Mak Wati pun memberi restu.

"Saya mah enggak tahu beasiswanya dari mana. Anak saya enggak ngajuin, tapi ditawarin kuliah di Konstanz, tinggalnya di asrama," kata Mak Wati, saat dijumpai Kompas.com, di lantai 18, Gedung Nusantara I, DPR, Rabu (8/5/2013) pagi

"Skype"-an

Setelah Riska berangkat ke Jerman, Mak Wati, yang tinggal di Cidodol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, ini pun menjadi melek teknologi. Jarak jauh membuatnya menjadi akrab dengan internet, demi mengobati rindu melihat putrinya. Salah satu andalannya adalah menggunakan Skype. Menurutnya, jika sudah "Skype"-an dengan Riska, ia menjadi lupa waktu. Berjam-jam ia habiskan di depan layar komputer untuk ngobrol dengan putrinya.

"Dia (Riska) yang nelepon, kadang malah sambil makan. Sekarang dia gemukan, tambah putih, tambah cantik. Dia sudah ke mana-mana katanya, fotonya banyak, ke Berlin juga sudah," ujar Mak Wati sambil tersenyum.

Bila tak ada halangan, pada September 2013 nanti Riska akan menyelesaikan studinya dan kembali ke Indonesia. Mak Wati mengaku tak memiliki rencana khusus untuk menyambut putrinya. Ia hanya berharap Riska kelak bisa berhasil dan bisa mengangkat derajat keluarganya.

Terkenal di DPR

Nama Mak Wati begitu dikenal di Gedung DPR. Khususnya di kalangan asisten dan staf ahli angggota DPR, PNS kesekretariatan, sampai petugas Pamdal, dan office boy. Sejak tahun 1984, wanita yang memiliki 10 orang cucu ini mulai menjajakan dagangannya.

Saat ini, ia biasa berjualan di Gedung Nusantara I, di sekitar lantai 3 hingga lantai 22. Selain lebih murah, makanan yang dijual Mak Wati juga memiliki rasa yang enak. Ada lontong sayur, bihun goreng, dan aneka gorengan serta camilan. Makanan yang dijual mulai dari Rp 500 sampai Rp 7.000. Tak heran bila dagangannya cepat habis. Biasanya, ia pulang ke rumah sebelum sore dengan membawa hasil berjualan sebesar Rp 100.000 - Rp 150.000.

Sumber: kompas.com

Terungkap, Bobol ATM Pakai Minyak Rambut dan Tusuk Gigi

Terungkap, Bobol ATM Pakai Minyak Rambut dan Tusuk Gigi
Ilustrasi : Barang bukri yang disita dari Darmawan, tersangka perusak mesin dan pembobol ATM , yang antara lain terdiri dari kartu-kartu ATM yang berhasil diperangkapnya.


Tertangkapnya Fendi dan Ali menguak adanya modus baru pembobol ATM. Kedua orang tersebut diketahui memanfaatkan minyak rambut dan tusuk gigi untuk menjebak mangsanya di mesin ATM.

Menurut Kepala Polsek Metro Cilandak Komisaris Sungkono, keduanya sengaja membuat jebakan dengan mengoleskan minyak rambut di mulut lubang mesin ATM, kemudian memasukkan tusuk gigi ke dalamnya sebagai ganjalan. Dengan begitu, kartu ATM orang yang hendak melakukan transaksi tersangkut.

"Para pelaku kemudian berada di sekitar ATM dan mengintai orang yang hendak masuk ke ATM tersebut. Ketika ada orang yang masuk dan kemudian merasa kesulitan untuk melakukan transaksi, mereka kemudian masuk dan pura-pura memberikan pertolongan," ungkap Sungkono, Selasa (7/5/2013) di kantornya.

Saat memberikan pertolongan, kata Sungkono, Fendi dan Ali kemudian meminta PIN ATM korbannya dengan alibi mereka dapat menolong. Saat pura-pura menolong itu, mereka mengatakan kepada korbannya bahwa kartu ATM telah tertelan mesin dan meminta korbannya untuk pergi ke bank terdekat untuk meminta bantuan.

"Saat korbannya pergi, di situlah waktu mereka menggasak isi rekening korbannya. Apalagi mereka telah memiliki ATM yang sebenarnya tidak tertelan, tapi hanya tersangkut karena tusuk gigi tadi dan mengetahui PIN-nya," kata Sungkono.

Pihak kepolisian melakukan penyelidikan kasus tersebut sejak 18 April 2013, saat seorang warga, Wahmi, melaporkan rekeningnya dibobol oleh dua orang saat akan melakukan transaksi di mesin ATM BRI Hero di Jalan Terogong Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. Saat itu, Wahmi menuturkan bahwa isi uang di rekeningnya dikuras hingga Rp 9,8 juta.

Selain di Cilandak, pelaku juga diketahui telah pernah melakukan aksi sejumlah ATM di Palmerah, Ciputat, Cibubur, Tangerang, Ciledug, Kalideres, dan Cengkareng. Akhirnya keduanya tertangkap pada Senin (6/5/2013) sore. Para pelaku akan dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Sumber: kompas.com

Tak Ada Kata Tua untuk Bercinta



Kekuatan fisik boleh berkurang seiring dengan bertambahnya usia, tetapi hasrat dan kenikmatan bercinta bukan hal yang tabu untuk terus ada meski usia merangkak senja. Keintiman dan kenikmatan dalam bercinta juga akan menghasilkan perasaan saling berbagi, kehangatan, serta kemesraan.


Bahkan ada keuntungan sendiri berhubungan seks di usia lanjut, antara lain tak perlu takut terjadinya kehamilan yang tak diinginkan. Selain itu pasangan dapat menikmati pengalaman yang lebih lama dan intim.

Sayangnya, ada kendala-kendala fisik yang menyulitkan kehidupan bercinta saat usia menua karena tubuh dan faktor hormonal mulai mengalami perubahan. Kendala yang lazim dialami antara lain disfungsi ereksi, vagina mengering, dan libido rendah. Namun jangan khawatir, ikutilah beberapa solusi berikut.

1. Vagina kering
Pada usia lanjut, wanita tidak mampu lagi memproduksi cukup pelumas untuk sesi bercinta yang nyaman. Vagina kering umumnya disebabkan oleh menurunnya kadar estrogen setelah menopause. Pelumas yang berkurang dapat membuat vagina kehilangan kelenturannya, sehingga mengurangi kenyamanan saat bercinta.

Solusi untuk vagina yang mengering antara lain dengan menggunaan pelumas buatan dan terapi hormon. Meski begitu sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum Anda melakukan terapi hormon.

2. Disfungsi ereksi
Gangguan ini kerap dialami oleh pria berusia lanjut. Pada disfungsi ereksi yang parah, pria bahkan tidak dapat mencapai ereksi. Sebagian lagi membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai ereksi.

Ada banyak penyebab gangguan ini, antara lain penurunan kadar kolesterol, penurunan aliran darah ke penis, gangguan fungsi saraf, dan penurunan elastisitas jaringan erektil. Selain itu, disfungsi ereksi juga dipicu oleh berbagai penyakit, antara lain penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

Cara terbaik untuk menghindarinya yaitu dengan menjalankan gaya hidup sehat dan memastikan penyakit yang diderita tetap terkontrol. Namun jika ereksi terlanjur susah didapat, pria membutuhkan pengobatan baik minum atau suntik, bahkan ada pula solusi pembedahan.

3. Libido rendah
Banyak orang yang kehilangan gairah seksualnya setelah memasuki usia lanjut. Hal ini dipicu oleh beberapa gangguan kesehatan seperti penyakit jantung kronis, masalah emosi, penurunan hormon seks, dan pengaruh obat-obatan.

Untuk menaikan libido, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Antara lain dengan mengonsumsi makanan-makanan peningkat libido, hingga pengobatan. Memperbaiki komunikasi dan kehangatan interaksi dengan pasangan juga membantu meningkatkan timbulnya hasrat seksual.

Nah, kini janganlah berpikir usia lanjut menjadi alasan untuk tidak dapat menikmati kegiatan bercinta. Dengan upaya-upaya tertentu, hingga usia tua pun, gairah cinta tetap menyala.

Sumber: Everyday Health 

Surat Mendagri tentang Larangan Memfoto Kopi e-KTP

Warga menunjukan e-KTP
Warga menunjukan e-KTP


Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 471.13/1826/SJ

Perihal : Pemanfaatan e-KTP dengan Menggunakan Card Reader.

Ditujukan kepada:

1. Para Menteri/Kepala LPNK/Kepala Lembaga lainnya;
2. Kepala Kepolisian RI;
3. Gubernur Bank Indonesia/Para Pimpinan Bank;
4. Para Gubernur;
5. Para Bupati/Walikota.

di- SELURUH INDONESIA
SURAT EDARAN

Sesuai dengan amanat Pasal 63 ayat (3) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional (e-KTP), sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2010, Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2011 dan Peraturan Presiden Nomor 126 Tahun 2012, dengan hormat disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1.    Kelebihan yang mendasar dari e-KTP adalah bahwa didalam e-KTP tersebut dilengkapi dengan chip yang memuat biodata, pas photo, tanda tangan dan sidik jari penduduk, sehingga e-KTP dimaksud tidak dimungkinkan lagi dipalsukan/digandakan;

2.    Chip yang tersimpan didalam e-KTP hanya bisa dibaca dengan card reader (alat pembaca chip);

3.    Instansi Pemerintah, Pemerintah Daerah, Lembaga Perbankan dan Swasta wajib menyiapkan kelengkapan teknis yang diperlukan berkaitan dengan penerapan e-KTP termasuk card reader sebagaimana diamanatkan Pasal IOC ayat (1) dan (2) Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2011.

Berdasarkan hal tersebut di atas dan agar e-KTP yang sudah dimiliki oleh Renduduk (masyarakat), dapat dimanfaatkan secara efektif, dengan hormat kami ingatkan kepada semua Menteri, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Kepala Lembaga lainnya, Kepala Kepolisian RI, Gubernur Bank Indonesia/Para Pimpinan Bank, Para Gubernur, Para Bupati/Walikota untuk :

1. Memfasilitasi semua unit kerja/badan usaha atau nama lain di jajaran masing-masing yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, dapat menyediakan card reader dalam waktu yang singkat, dengan penjelasan sebagai berikut:

a.    Penyediaan anggaran dan proses pengadaannya merupakan kewenangan dan tanggung jawab masing-masing Kementerian/Lembaga/Badan Usaha atau Nama Lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

b.    Semua unit kerja/badan usaha atau nama lain yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, sudah memiliki card reader paling lambat akhir tahun 2013, dengan alasan KTP non elektronik terhitung sejak 1 Januari 2014 tidak berlaku lagi;

c.    Agar card reader tersebut dapat digunakan untuk membaca chip e-KTP secara efektif, maka dalam persiapan pengadaannya, khususnya yang berkaitan dengan aspek teknis dikoordinasikan dengan Tim Teknis Pemanfaatan e-KTP, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri.

2.    Supaya tidak terjadi kesalahan fatal dalam penggunaan e-KTP, maka diminta kepada semua Menteri, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Kepala Lembaga lainnya, Kepala Kepolisian RI, Gubernur Bank Indonesia/Para Pimpinan Bank, Para Gubernur, Para Bupati/Walikota, agar semua jajarannya khususnya unit kerja/badan usaha atau nama lain yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, bahwa e-KTP tidak diperkenankan di foto copy, distapler dan perlakuan lainnya yang merusak fisik e-KTP, sebagai penggantinya dicatat "Nomor Induk Kependudukan (NIK)" dan "Nama Lengkap"

3.    Apabila masih terdapat unit kerja/badan usaha atau nama lain yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, masih memfoto copy, menstapler dan perlakuan lainnya yang merusak fisik e-KTP, akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku karena sangat merugikan masyarakat, khususnya pemilik e-KTP.

Demikian atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan
Tembusan Yth:

1.    Bapak Presiden Republik Indonesia (sebagai laporan);
2.    Bapak Wakil Presiden Republlk:Indonesia;
3.    Menteri Koordinator Bidang Polhukam;
4.    Menteri Koordinator Bidang perekonomian;
5.    Menteri Koordinator Bidang Kesra;
6.    Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;
7.    Kepala Lembaga Sandi Negara;
8.    Rektor Institut Teknologi Bandung.

terima kasih.

Menteri Dalam Negeri
GAMAWAN FAUZI


Sumber: republika.co.id

Warga Terkejut Soal Larangan Memfotokopi e-KTP

Seorang pegawai Kelurahan menunjukan e KTP yang sudah jadi di kantor Kelurahan.  (Ilustrasi)
Seorang pegawai Kelurahan menunjukan e KTP yang sudah jadi di kantor Kelurahan. (Ilustrasi)

Dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 471.13/1826/SJ tentang e-KTP, mengejutkan banyak pihak. Surat edaran berisi larangan memfotokopi e-KTP.

Kartu Tanda Penduduk berupa kartu elektronik ini disinyalir akan rusak apabila secara berulang kali difotokopi. Kerusakan yang ditimbulkan yakni chip penyimpan data di e-KTP akan rusak, sehingga tidak dapat terbaca bila di akses melalui komputer.

Warga di Kotamadya dan Kabupaten Bekasi yang memiliki KTP elektronik merasa terkejut terkait hal ini. Mereka tidak pernah mendapat pemberitahuan terkait hal tersebut, meski telah mengantongi e-KTP selama tiga bulan.

Tedy misalnya, warga Bekasi Timur ini mengatakan, tidak mengetahui perihal pemberitahuan dilarang memfotokopi e-KTP. "Waktu pertama diberikan oleh pihak Kelurahan, tidak ada pemberitahuan larangan seperti ini, kenapa baru sekarang ada larangan memfotokopi," ujar pria kelahiran 1979 ini pada Republika, Selasa (6/5).

Dia mengungkapkan, sudah semestinya pemerintah mempersiapkan hal-hal seperti ini. "Banyak beberapa urusan administrasi yang diminta fotokopi KTP, dengan surat edaran yang terlambat seperti ini siapa yang akan bertanggung jawab apabila KTP elektronik warga menjadi rusak," kata pria yang bekerja di salah satu perusahaan swasta.

Hal yang sama juga diakui warga Tambun, Husna Arifa. Dia mengaku baru hari ini mengetahui pemberitahuan untuk tidak memfotokopi secara berulang KTP elektronik.

Husna menceritakan, e-KTP miliknya ia terima satu bulan yang lalu dari pihak kelurahan. Dia pun menegaskan, tidak ada pemberitahuan mengenai hal tersebut dari pihak kelurahan.

Bahkan, Husna mengakui telah memfotokopi KTP elektroniknya. "Untung aku baru sekali memfotokopinya, kalau sampai berulang-ulang nanti malah bisa rusak," tutur gadis bersuara serak ini.

Dia menginginkan, pemerintah dari awal mempersiapkan hal-hal seperti ini.

"Jangan gara-gara informasi yang telat lalu warga yang menjadi korban, siapa yang bertanggung jawab apabila KTP elektronik milik warga terlanjur rusak karena keseringan difotokopi," kata gadis 23 tahun ini.

Sumber: republika.co.id

Senin, 06 Mei 2013

Seks dan Masa Depan

Pelecehan seksual sepertinya semakin sulit untuk dikendalikan. Setiap hari ada saja berita yang membuat air mata menetes dan dahi berkerut. Sementara bicara tentang seks, meski mendidik tetap dianggap tabu. Untuk mengakui kita menghadapi masalah seks yang memprihatinkan pun sulit. Bagaimana nasib masa depan?

Tidak bisa dimungkiri bahwa kata "seks" saja sudah bisa membawa pikiran dan khayalan seseorang ke mana-mana. Cenderung ke arah porno dan hanyut larut dalam nafsu kebinatangannya. Maklum saja karena seks masih dijadikan sebagai obyek yang tabu, kotor, porno, amoral, asusila, dan segala perbuatan maksiat yang menjerumuskan. Padahal kita semua menyadari bahwa seks itu diberikan oleh Sang Pencipta sebagai anugerah yang seharusnya bisa dipandang secara positif bila seka itu dijadikan subjek.

Seks sendiri  merupakan ilmu pengetahuan yang sangat mendidik. Mempelajari organ seks, perilaku seks, dan seks semua makhluk hidup mampu membuat manusia tercengang dan terpana. Betapa tidak? Sehebat-hebatnya manusia, hingga saat ini belum ada satu manusia pun yang membuat sperma dan sel telur. Bahkan tak mampu juga menduplikasikannya. Lantas, mengapa sulit sekali bagi manusia untuk melihatnya sebagai kebesaran Ilahi?

Menjadikan seks sebagai objek pemikiran negatif sudah membuktikan bahwa kita belum mampu menghormati dan menghargai apa yang sudah diberikan oleh-Nya. Kesalahan ini tidak juga mau diakui, sehingga tidak heran bila pemikiran kotor dan negatif terus berkembang. Masalah yang berhubungan dengan seks semakin sulit untuk diatasi dan dibenahi.

Ketabuan atas seks itu sendiri berawal dari kesakralan seks. Dibutuhkan kematangan, kedewasaan, jiwa besar, dan nalar yang tinggi untuk mampu mempelajari seks tanpa berpikir negatif, sehingga tabu dipelajari bagi yang tak mampu. Kesulitan inilah yang membuat pengetahuan seks menjadi tertutup karena memang ditutupi. Seiring perjalanan waktu, justru tabulah yang kemudian menjadi subjek dan seks adalah objeknya. Apa mau dikata, mungkin orang dulu sudah berpikir jauh ke depan. Seleksi alam berdasarkan kemampuan manusia di dalam berpikir jernih semakin menurun, sehingga tidak pantas mempelajari seks. Mereka yang berpikiran kotor tentang seks tidak akan mampu mempelajari dan mengerti tentang seks dengan baik dan benar.

Sebagai salah satu contohnya adalah pemikiran tentang kondom. Kondom dianggap penyebab perilaku seks bebas dan menjerumuskan. Bila kita mau melihatnya lebih jauh lagi, kondom merupakan benda mati. Kondom adalah alat kontrasepsi dan pencega penularan penyakit kelamin yang berbahaya, termasuk HIV dan AIDS. Pengguna kondom sendiri, di Indonesia masih sangat minim, sekitar 5% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Sementara pelaku seks bebas jumlahnya apakah sama dengan pengguna kondom atau kurang? Pertumbuhan HIV AIDS di Indonesia pada generasi muda saja sudah mencapai angka 600 persen per tahun, siapakah yang mampu berpikir dan memutuskan untuk melakukan seks bebas? Ingat, kondom tak mampu berpikir, tetapi manusia mampu. Kondom bisa menjadi apa saja, tergantung kepada niat dan tujuan penggunanya sendiri.

Kasus pemerkosaan  dan pelecehan seksual juga sering dikaitkan dengan film porno. Film porno diaalahkan dan diruding menjadi penyebab utama dan biang keladinya. Menurut penelitian sebuah media international disebutkan bahwa pecandu film porno di. Indonesia berjumlah 38 persen dari jumlah penduduk pria. Apakah jumlah pemerkosa di Indonesia sama dengan jumlah pecandu film porno tersebut? Jika seseorang mampu mengendalikan dirinya untuk tidak melakukan kejahatan seks, maka kenapa ada yang tidak mampu? Tentunya banyak alasan lain seperti faktor psikologis, kesehatan jiwa, pendidikan, ekonomi,  lingkungan, dan lain sebagainya yang mempengaruhi. Tidak hanya semerta-merta seseorang bisa melakukan kejahatan seksual hanya karena menonton film porno. Memicu, bisa jadi, tetapi bukan penyebab utama dan biang keladinya.

Pelacuran pun banyak yang ditutup dengan berbagai alasannya. Tidak juga mau mengakui betapa sulitnya menghapus pekerjaan tertua di muka bumi ini. Menutup pelacuran tidak kemudian pasti bisa menghapuskan dunia hitam itu, apakah ada yang berani menjamin? Jika memang dijamin tidak ada, maka untuk apa penjaringan atas Pekerja Seks Komersial di jalanan dan tempat-tempat lain masih terus saja dilakukan? Apakah jumlah yang tertangkap dan tercatat lebih berkurang sejak ditutupnya tempat pelacuran? Para sukarelawan yang biasanya mudah mendata dan memberikan penyuluhan serta memberikan obat-obatan untuk mencegah penyebaran penyakit pun semakin kesulitan.

Anehnya lagi, masalah penanganan soal pelacuran ini hanya difokuskan kepada para PSK-nya saja, para "klien" mereka lebih bebas berkeliaran. Padahal, mereka itulah yang lebih berbahaya karena bisa membawa penyakit ke rumah dan menyebarkannya ke yang lain. Belum lagi perilaku masyarakat yang saat ini melakukan seks bebas di mana-mana, tanpa ikatan, tanpa komitmen, tanpa cinta, hanya untuk seks semata. Plus ditambah dengan seks di dunia maya dan dalam lingkungan kerja, yang tidak juga mau diakui sebagai masalah. Demi pulsa, makan siang, merasakan tidur di hotel, dapat proyek, bergaul dengan kalangan tertentu, ikut trend, gaya hidup dan lain sebagainya, seseorang bisa merendahkan dirinya, tapi tetap tak mau dianggap rendah. Banyak sekali alasan-alasannya.

Menuding, memaki, marah-marah, mengucilkan, dan menghina jauh lebih mudah dibandingkan dengan mau turun langsung menekuni dan berkutat dalam menyelesaikan masalah ini. Untuk mau menyentuh dan merangkul orang-orang yang sudah dianggap hina dan sampah oleh masyarakat saja tak mau. Lebih memilih tetap bersih dan cuci tangan, merendahkan yang lain untuk ditinggikan, itu sudah biasa, kan?! Apa yang diketahui juga hanya sekedar omong-omong bukan hasil dari penelitian langsung, sehingga sebetulnya apa yang diketahui, sih?! Membersihkan rumah yang sudah bersih maka tak ada guna, beranikah membersihkan langsung rumah yang kotor tanpa banyak omong-omong belaka?! Jiwa besar, kesabaran, ketekunan, kedisplinan, dan mau terus berpikir lebih jauh itu mutlak, jauh lebih sulit dari sekedar omong-omong.

Tidak ada seorang pun di muka bumi ini yang tidak pernah bersalah dan siapa yang bisa memastikan lebih berdosa atau tidak?! Derajat manusia di mata Tuhan pun sama, tidak ada yang lebih hina. Manusianya saja yang merasa lebih dari yang lain dan berlaku sudah melebihi Tuhan serta merasa sudah menjadi malaikat tanpa dosa. Mengakui salah saja tidak berani?! Maunya menutupi kesalahan saja terus, sementara kesadaran bahwa kemunafikan itu adalah sebuah perbuatan yang paling dibenci tetap ada. Berpikir positif tentang seks juga tidak memiliki keberanian. Lebih takut dengan cemooh dari masyarakat dan kebanyakan orang dibandingkan menghormati dan menghargai anugerah dari-Nya. Lantas, untuk apa mengaku baik bila menjadi lebih baik dan melakukan yang lebih baik saja tak mau?!

Bicara tentang seks bukan hanya sekedar bicara soal tempat tidur. Membicarakan seks dengan menjadikannya sebagai subjek akan memperluas wawasan dan mendewasakan diri.  Untuk membantu langsung menangani masalah kejahatan seksual barangkali sulit, tetapi kita bisa membantu. Sekecil-kecilnya bantuan akan sangat berharga meski hanya dengan mengubah pola pikir dengan menjadikan seks sebagai subjek. Menghormati dan menghargai seks sebagai anugerah dengan tidak merendahkan, melecehkan, ataupun menghinakannya. Tidak perlu menunjuk jari, tapi lakukanlah dari, oleh, dan untuk diri sendiri. Pikirkanlah masa depan.

Oleh : Mariska Lubis

Sumber: kompas.com

Ini 10 Perusahaan AS Pencetak Pendapatan Terbesar

SHUTTERSTCOK.COM Ilustrasi

Peritel Wal-Mart menggeser ExxonMobil sebagai perusahaan dengan pendapatan terbesar dalam daftar tahunan 500 perusahaan terbesar AS (Fortune 500) yang dirilis majalah Fortune, Senin (6/5/2013) waktu setempat.  Apple berhasil masuk dalam 10 besar untuk pertama kalinya,  ke tempat keenam dari urutan ke 17 pada tahun sebelumnya.

Tahun 2012, laba gabungan dari 500 perusahaan terbesar AS ini mencapai 820 miliar dollar AS, turun dari rekor tertinggi yang dicetak tahun 2011 yakni sebesar 824,5 miliar dollar AS.

Namun, laba perusahan-perusahaan tersebut mencapai 6,8 persen dari penjualan, di atas laba rata-rata yakni 5,5 persen. "Yang menjadi pertanyaan apakah era keuntungan berlimpah ini akan terus berlanjut di masa mendatang?" kata editor senior Fortune, Shawn Tully.

Wal-Mart menempati tempat teratas pada daftar, menggeser perusahaan energi ExxonMobil dengan meraup pendapatan 469,2 miliar dollar AS, atau 19,3 miliar dollar AS lebih besar dari Exxon.

Namun, laba Exxon sebesar 44,9 miliar dollar AS masih lebih besar dibanding Wal-Mart yang "hanya" 17 miliar dollar AS. Exxon dan Wal-Mart terus berebut posisi teratas dalam beberapa tahun terakhir. Tahun ini menjadi yang kesembilan kalinya bagi Wal-Mart berada di posisi teratas daftar tersebut.

Perusahaan-perusahaan energi masih mendominasi sepuluh besar Fortune 500, ditandai dengan Chevron yang berada di posisi ketiga, kemudian Phillips 66 di posisi empat, serta Valero Energy di urutan sembilan.

Sementara itu, perusahaan yang masuk dalam 10 besar lainnya adalah konglomerasi Warren Buffett,  Berkshire Hathaway di peringkat kelima, Apple posisi enam, General Motors ketujuh, General Electric urutan delapan, dan Ford Motor kesepuluh .

Tully juga memprediksi bahwa perusahaan akan dipaksa meningkatkan jumlah karyawan dan membayar gaji yang lebih tinggi seiring dengan membaiknya perekonomian.

Tully menandai 2012 sebagai tahun yang melihat kembalinya "animal spirits" atau  dorongan untuk bertindak. Hal ini tercermin dari peningkatan jumlah spin-off, merger, dan akuisisi.

"Selama beberapa tahun, para pemain telah menimbun uang tunai dan menjauhkan ekspansi. Pada 2012 mereka menempatkan uang tunai itu," sebut Tully.

Sumber : AFP

Minggu, 05 Mei 2013

6 Virus Pencuri Uang di Internet Paling Dahsyat



Beragam jenis program jahat kerap meneror para pengguna internet. Namun 6 virus berikut ini tergolong amat berbahaya karena bisa menguras isi rekening korbannya.

Virus 'pencuri uang' sejatinya sudah ditemukan beberapa tahun lalu, namun lambat laun program jahat ini semakin canggih hingga dikhawatirkan dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar. 
 
Obat untuk menangkal beberapa virus itu memang sudah ditemukan. Tapi para penjahat cyber tidak kehilangan akal, mereka kerap memodifikasi dengan teknik terbaru agar bisa sukses melewati berbagai sistem proteksi.

Menurut JD Sherry, Global Director of Technology and Solutions Trend Micro, setidaknya ada 6 virus internet banking yang cukup berbahaya hingga saat ini, dan semuanya masih bisa menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Berikut adalah 6 virus 'pencuri uang' yang menurut Trend Micro patut diwaspadai karena sangat lihai.

1. Citadel 
Pada zaman dulu Citadel digunakan sebagai pertahanan terakhir sebuah kerajaan. Makanya, biasanya bentuknya besar, kokoh, serta dilengkapi dengan berbagai sistem persenjataan.

Di masa modern ini nama Citadel justru dicatut para penjahat cyber untuk menamakan sebuah virus ganas. Virus yang dirancang khusus untuk menguras rekening korbannya.

Citadel merupakan virus yang dibuat dari source code Zeus, salah satu virus yang juga cukup canggih. Bedanya Citadel memang dibuat khusus untuk menyerang internet banking.

Virus Citadel mulai ditemukan pada Januari 2012 lalu, sejak itu program jahat ini terus dikembangkan hingga mencapai versi tercanggihnya di Oktober 2013. Hingga kini virus tersebut diduga masih beredar dengan bebas.

2. Tinba 
Salah satu pengamat virus bernama Amit Klein menuliskan banyak cerita soal Tinba di blog pribadinya. Ini merupakan salah satu virus penyerang internet banking yang patut diwaspadai.

Tinba muncul dari komunitas peretas bawah tanah sekitar 9 bulan lalu. Program jahat ini memang dirancang untuk mencuri uang.

Awalnya metode yang digunakan Tinba masih tergolong biasa, bahkan bisa dikatakan sedikit jadul dibanding dengan virus sejenisnya. Tapi pada Januari 2013 ditemukan versi baru Tinba yang lebih canggih, bahkan bisa mengakali sitem otentifikasi dua arah dari bank.

"Saat korban mengakses halaman bank mereka, Tinba akan menampilkan halaman yang sangat mirip dengan bank tersebut," tulis Klein.

Namun saat mencoba login ke dalam halaman tersebut, pengguna justru ditampilkan halaman yang error. Di sinilah proses pencurian data dimulai.

3. Eurograbber 
Sesuai dengan namanya. Virus ini memang dibuat untuk menguras uang para pengguna internet banking di Eropa, bahkan hingga akhir 2012 lalu sedikitnya ada 36 juta euro (sekitar Rp 455 miliar) yang berhasil ditilep virus tersebut.

Eurograbber kali pertama ditemukan oleh lembaga keamanan bernama Check Point Software Technologies, kemudian dibantu juga oleh lembaga lain dari Israel bernama Versafe. Mereka mengatakan bahwa program jahat ini memang dirancang untuk menyerang sektor perbankan.

Dalam operasinya virus itu tidak hanya menyerang melalui komputer, tapi juga menyusup ke dalam ponsel pintar para calon korbannya. Setelah berhasil masuk, ia akan mendownload beberapa komponen aplikasi untuk bisa beraksi.

Eurograbber pertama kali ditemukan di Italia, kemudian menyebar ke sejumlah wilayah Eropa seperti Jerman, Belanda dan Spanyol. Setidaknya ada ribuan korban dari 30 bank berbeda yang berhasil diinfeksi virus.

4. SpyEye
Analisis dan Guardian dan McAfee mengumumkan temuan virus baru bernama SpyEye. Konon program jahat ini dibuat oleh programmer yang mengerti betul soal sistem kerja internet banking.
Sama seperti Citadel, SpyEye dibuat berdasarkan source code dari Zeus. Hanya saja program ini menyerang target tertentu, misalnya transaksi perusahaan, atau pengguna yang punya tabungan sangat banyak.

SpyEye dikatakan hebat karena berhasil menghindari berbagai sistem proteksi. Bahkan virus ini dikatakan tergolong cerdik, hingga sulit mendeteksinya saat transaksi berlangsung.

"Mereka tahu bagaimana untuk membuat transaksi yang seolah-olah terjadi. Jelas sekali, orang-orang ini (pembuat-red) mengetahui lebih dari sekadar memahami internet banking," kata David Marcus, Director of Advanced Research and Threat Intelligence McAfee, seperti dikutip detikINET dari CRN.

5. Gozi-Prinimalka
Kalau Eurograbber menyerang sistem perbankan, maka Gozi-Prinimalka dibuat untuk menghajar sistem internet banking di Amerika Serikat.

Trend Micro berhasil menangkap dan menganalisa Gozi-Prinimalka, setelah dibedah ternyata program jahat ini punya beberapa keunikan dibanding aplikasi sejenisnya.

Untuk mencuri informasi dari korbannya, virus ini akan terlebih dahulu membuat backdoor menggunakan eklpoitasi Java Script. Ada dua backdoor yang akan dibuat, BKDR_URSNIF.B dan BKDR_URSNIF.DN keduanya sama-sama terkoneksi secara real time dengan sistem kendali virus tersebut.

Data yang dicuri virus ini pun tak hanya yang tersimpan di dalam hardisk, tapi juga memori sementara yang disimpan di dalam browser.

Di Amerika virus ini setidaknya sudah membuat resah 3 instansi perbankan, mereka adalah TDBank, Firstrade, Options Xpress. Ketiganya kemudian melakukan perbaikan sistem untuk menangkis serangan tersebut.


6. High Roller 
Virus terakhir yang menyebarkan cukup banyak teror adalah High Roller. Konon ini adalah salah satu serangan terbesar di industri perbankan dunia.

Tidak seperti program jahat lainnya yang hanya menyerang secara sembunyi-sembunyi, High Roller bisa melancarkan serangan dengan membabi buta dari berbagai arah.

Virus ini semakin sulit dilacak karena tidak memiliki Comand Center dalam bentuk fisik. Pelaku cukup cerdas untuk membuat sistem kendali ini di 'awan', sehingga sulit dilacak.

Pada dasarnya High Roller dibuat dari gabungan virus Zeus dan SpyEye, kemudian di dalamnya juga ada beberapa teknik pencurian informasi konvensional yang biasa terjadi di dunia maya.

Teknologi canggih yang dimiliki High Roller membuatnya cukup sulit diberangus, bahkan hingga saat ini. Oleh sebab itu seluruh pihak perbankan disarankan untuk tetap waspada.

"Dengan menggunakan sistem cloud, High Roller memiliki teknik penyerangan yang baru. Mereka sulit dianalisa dan sulit untuk dideteksi keberadaannya," kata Chris Silveira, Manager of Fraud Intelligence dari Guardian Analytics.
 
 

13 Pengetahuan Kecil yang Patut Diketahui



Tahukah kamu hal-hal berikut ini yang mungkin belum kita sadari?


1. Kucing hitam dalam mitos banyak negara barat dihubungkan dengan kejahatan dan kesialan. Tetapi di Jepang justru dipercaya pembawa keberuntungan.

2. Lumba-lumba tidur menutup sebelah mata sementara mata lain tetap terbuka

3. Sebuah kapal tanker yang penuh muatan dan melaju pada kecepatan normal, membutuhkan waktu 20 menit baru bisa berhenti. Contoh: seandainya kecepatan tanker tersebut 80 km/jam, maka hitung sendiri berapa jauh akan tetap melaju sebelum akhirnya berhenti saat nakhoda berupaya menghentikannya.

4. Katak jenis "Bullfrogs" tidak pernah tidur sepanjang hidupnya

5. Kilat di seluas duna terjadi kira-kira 8 juta kali dalam sehari.

6. Rata-rata, Kira-kira hanya 11% bagian pulau dan benua yang ada di bumi ini digunakan untuk pertanian.

7. Jumlah ayam di bumi ini jauh lebih banyak dibanding populasi manusia.

8. Manusia lahir dengan 300 susunan tulang, namun seraya bertumbuh dewasa jumlahnya akan berkurang hingga tersisa 206 tulang saja. Mengapa? Karena ada beberapa bagian yang menyatu.

9. Jumlah kanguru di Australia kadangkala lebih banyak dari populasi manusia di benua tersebut. Rasionya kira-kira 2:1

10. Kupu-kupu mencicipi nektar bunga dengan giginya

11. Kura-kura bisa bernapas dengan bagian belakang tubuh mereka

12. Baik berlari maupun jalan kaki, kita akan membakar 1000 kalori setiap mil.

13. Massa otak manusia hanya 2% dari keseluruhan massa tubuh. Tetapi mengkonsumsi 20% oksigen dan kalori dari total kebutuhan tubuh.



sumber

7 Ide Kreasi Cantik dari Barang Bekas



Barang-barang bekas di rumah seringkali berakhir di tempat sampah. Walau mungkin sempat terpikir untuk memanfaatkannya, tapi jadi apa?

Beberapa ide di bawah ini mungkin bisa jadi inspirasi dalam mengolah barang-barang bekas tersebut. Tidak perlu menjadi seorang seniman profesional untuk membuat barang-barang dibawah ini.


1. Vas Bohlam
Masih memakai bohlam untuk menerangi rumah Anda? Segera ganti dengan lampu hemat energi yang lebih terang dan bersahabat dengan rekening tagihan anda.

Selanjutnya ubah bolam bekas anda menjadi sebuah vas bunga seperti pada gambar di bawah. Cukup mudah namun tampak berkelas bukan?




2. Lampu Sendok Plastik
Desainer yang pertama menciptakan lampu unik ini bernama Yaroslav Olenev. Ide lampu yang terbuat dari sendok plastik dan sebuah botol minuman plastik ini memenangkan penghargaan pada nominasi "Desain dan Ekologi" yang diselenggarakan oleh majalah "FutureNow" pada tahun 2010.

Untuk membuat lampu ini, Anda membutuhkan botol minuman plastik, ratusan sendok plastik, lem tembak, cutter, tang potong, lampu hemat energi dan beberapa meter kabel sesuai keperluan.



3. Wall Art Gulungan Tisu Toilet
Anda pecinta seni, namun keuangan Anda saat ini belum mendukung untuk membeli wall art yang harganya selangit? Tidak usah gundah, Anda bisa membuatnya sendiri!

Siapkan gunting, lem, penjepit rambut, pewarna metal, dan beberapa gulungan tisu toilet bekas. Lakukan langkah-langkah seperti gambar di bawah dan Voila! Tembok rumah Anda sekarang mempunyai Wall Art yang indah!


 
4. Lampu Tenaga Matahari
Lampu yang terbuat dari sebuah botol minuman plastik yang diisi penuh dengan air ini bisa menerangi rumah, garasi, maupun gudang anda tanpa menambah tagihan dari PLN tentunya.

Berkekuatan 55-60 watt dari terik matahari, ide ini pertama ditemukan di Filipina dan diterapkan untuk membantu perumahan kumuh disana.



5. Lampu Kardus Susu
Desainer Ed Chew yang berasal dari Malaysia ini berbagi ide kerennya cara membuat lampu hias keren yang hanya terbuat dari kardus susu bekas yang dapat Anda temui sehari-hari.

Anda dan anak Anda harus minum susu kotak dengan jumlah yang cukup banyak untuk membuat lampu ini tentunya.



6. Tas Pop Tabs

Seperti namanya, tas ini terbuat dari pop tabs (tombol pembuka pada minuman kaleng). Siapkan tang potong, pelepas staples, kunci tua, dan pop tabs (paling tidak anda membutuhkan ratusan untuk membuat sebuah tas).


 
7. Vas dan Tempat Lilin
Dengan sebuah mangkuk bekas makanan kaleng dan beberapa penjepit untuk jemuran, Anda bisa membuat sebuah vas untuk tanaman Anda yang terlihat klasik dan natural.

Ditambah dengan sebuah gelas dan sebatang lilin yang menyala di tengahnya, Anda akan merasakan suasana restoran mahal dan makan malam romantis di meja makan Anda.