Sabtu, 16 Juni 2012

Piala Eropa : Takluk dari Inggris, Swedia Angkat Koper


CARL DE SOUZA / AFP
Danny Welbeck merayakan gol penentu kemenangan Inggris atas Swedia di penyisihan Grup D Piala Eropa 2012, 15 Juni 2012.

Inggris sukses meraih kemenangan perdana di Piala Eropa 2012 setelah menjungkalkan Swedia 3-2, Jumat atau Sabtu (16/6/2012) dini hari WIB di Stadion NSK Olympic, Kyiv.

Inggris tampil cukup percaya diri sejak awal babak pertama. Lini tengah "The Three Lions" terlihat lebih unggul ketimbang para gelandang Swedia. Alhasil, aliran bola ke lini depan Inggris lebih bervariasi.

Kesempatan pertama hadir pada menit ke-7. Sebuah sepakan jarak jauh gelandang Scott Parker membuat kiper Swedia, Andreas Isaksson, terkejut. Beruntung, Isaksson masih mampu mengamankan gawangnya dari peluang Parker.

Inggris semakin percaya diri membangun serangan. Dua menit setelah peluang Parker, pasukan Roy Hodgson mendapatkan kesempatan unggul. Namun sayangnya, tembakan Danny Welbeck masih bisa diblok para pemain bertahan Swedia.

Gol yang dinanti Inggris akhirnya hadir pada menit ke-23. Kolaborasi dua pemain Liverpool, Steven Gerrard dan Andy Carroll, menjadi pemecah kebuntuan Inggris. Umpan silang Gerrard disambut sundulan keras Carroll yang tak mampu diselamatkan Isaksson. Carroll pun sukses memberikan kepercayaan yang diberikan Hodgson saat tampil sebagai pemain inti.

Tak ingin terus ditekan, Swedia mencoba menembus daerah pertahanan Inggris yang dikomandoi John Terry dan Joleon Lescott. Namun, kali ini usaha Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-33 masih jauh dari sasaran. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Pertandingan berlangsung lebih menarik setelah turun minum. Terbukti, Swedia langsung tampil menyerang saat peluit babak kedua dibunyikan.

Hasilnya langsung terlihat empat menit kemudian. Dari sebuah tendangan bebas Ibrahimovic yang membentur pagar betis, bola kembali memantul kepadanya yang langsung mengirimkan umpan akrobatik kepada Olof Mellberg. Sepakan Mellberg sempat berhasil diblok oleh Hart. Namun, malang bagi Glen Johnson, bola tepisan Hart malah mengenai badannya dan mengarah masuk ke gawang Inggris. Skor kembali imbang 1-1 untuk kedua tim.

Gol penyeimbang itu semakin melecut semangat Ibrahimovic dan kawan-kawan. Memasuki menit ke-59, Swedia malah berbalik unggul. Dari sebuah umpan tendangan bebas Sebastian Larsson, bola mampu ditanduk Mellberg yang tanpa pengawalan berarti, Hart hanya bisa terperangah melihat gawangnya bobol untuk kedua kalinya.

Merasa daya gedor Inggris mengendur, Hodgson memainkan Theo Walcott untuk menggantikan James Milner pada menit ke-61. Keputusan Hodgson terbukti jitu. Baru tiga menit masuk ke lapangan, sebuah kesempatan pertama Walcott langsung berbuah hasil. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti menghunjam jala Isaksson untuk membuat skor kembali imbang 2-2.

Masuknya Walcott memang berpengaruh banyak terhadap permainan Inggris. Memasuki menit ke-78, Inggris memastikan kemenangan 3-2 atas Swedia. Akselerasi Walcott dari sisi kiri pertahanan Swedia diteruskan umpan silang ke depan mulut gawang Isaksson. Di sana, sudah berdiri Welbeck yang sigap menyambut umpan Walcott dengan sentuhan tumitnya.

Kesempatan Swedia untuk menyamakan skor gagal terwujud saat wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan itu membawa Inggris duduk di peringkat kedua Grup D dengan 4 poin. Inggris hanya kalah selisih gol dari Perancis yang menang atas Ukraina. Sementara bagi Swedia, hasil negatif tersebut membuatnya menjadi tim kedua yang tersingkir di ajang ini setelah Irlandia.

Susunan pemain:
Swedia (4-4-2):
 Isaksson; Mellberg, Granqvist (Lustig 66), J. Olsson, M. Olsson; Larsson, Elm (Wilhemsson 81), Svensson, Kallstrom; Ibrahimovic, Elmander (Rosenberg 79)
Cadangan: Wiland, Hansson, Antonsson, Safari, Wernbloom, Holmén, Bajrami, Hysén, Toivonen,


Inggris (4-4-2): Hart; Johnson, Terry, Lescott, Cole; Milner (Walcott 61), Gerrard, Parker, Young; Welbeck (Oxlade-Chamberlain 90), Carroll
Cadangan: Green, Butland, Kelly, Baines, Jones, Jagielka, Henderson, Downing, Defoe


Wasit: Damir Skomina (Slovenia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar