Rabu, 07 Maret 2012

Kiat Cegah Jet Lag Usai Perjalanan Jauh

BEGITU menginjakkan kaki di pesawat terbang, kita pada dasarnya menjadi bagasi. Kita tidak bisa melakukan apapun untuk mengurangi lamanya penerbangan, hanya menghilangkan kejenuhan dan membuat nyaman perjalanan dengan sedikit trik.

Usai perjalanan panjang, tubuh perlu pemulihan segera hingga hilang segala letih dan siap beraktivitas kembali. Pemulihan usai penerbangan bisa dilakukan, baik dalam penerbangan maupun setelah pesawat mendarat.

Rencanakan dengan hati-hati, dan jet lag Anda akan lenyap dengan cepat; menghapus segara efek penerbangan dari tubuh dan menghilangkan risiko Anda untuk mengatur ulang jam metabolisme tubuh. Simak kiat-kiatnya, seperti dilansir USAtoday.

Langkah 1

Atur jadwal pertemuan di tempat tujuan Anda berdasarkan zona waktu tempat Anda berangkat. Jika Anda tinggal di daerah yang berjarak waktu 10 jam dari daerah tujuan, atur pertemuan untuk pukul 01.00, yang akan menjadi pukul 10.00 di daerah tujuan. Jadwal seperti ini diharapkan tidak menggangu jam internal Anda, memungkinkan Anda untuk tetap fokus selama pertemuan, terutama jika Anda mengambil perjalanan pendek dengan perputaran yang cepat.

Langkah 2

Minum banyak air selama penerbangan. Kabin pesawat sangat kering dan dehidrasi membuat Anda lebih sulit pulih. Jika tidak yakin bisa mendapatkan air di pesawat, Anda bisa membelinya di bandara setelah melewati keamanan.

Memang, Anda tidak bisa membawa cairan dalam jumlah besar melalui pos pemeriksaan keamanan, tetapi Anda dapat membeli air setelah melewatinya. Lanjutkan minum air putih setelah mencapai tujuan, dan jauhkan sementara dari alkohol atau kafein di pesawat. Keduanya mengandung diuretik yang membuat Anda makin dehidrasi.

Langkah 3

Ukur waktu kedatangan Anda dan rencanakan dengan baik, mau tidur atau tetap terjaga di pesawat. Jika Anda tiba di tempat tujuan pada kemudian hari (sore atau malam hari), kemudian tetap terjaga di pesawat, Anda akan lelah dan ingin tidur ketika mendarat. Jika Anda mendarat pada pagi atau awal hari, cobalah tidur di pesawat sehingga Anda akan segar kembali ketika tiba.

Langkah 4

Lakukan aktivitas ringan di pesawat, berupa peregangan secara berkala maupun berjalan di sepanjang lorong. Jika Anda tidak bisa keluar dari tempat duduk, lakukan latihan peregangan sederhana yang berpusat di sekitar kaki. Ini membuat darah Anda tetap bersirkulasi dengan baik dan mencegah nyeri.

Langkah 5

Konsumsi minuman berkafein setelah mendarat jika Anda tiba pada pagi hari. Kopi, teh, atau soda berkafein akan membuat Anda tetap waspada dan terjaga hingga malam hari, ketika sudah masuk dalam siklus tidur normal. Sebaliknya, tinggalkan jauh kafein jika Anda mendarat di malam hari, yang akan mengganggu pola tidur normal Anda.

Langkah 6

Olahraga ringan di pagi hari setelah mendarat, terutama jika Anda dapat melakukannya di luar ruangan di bawah sinar matahari atau di gym yang terang benderang. Lampu-lampu dan aktivitas akan membantu tubuh Anda secara alami mengatur ulang jam internal, yang ujungnya memercepat pemulihan. Jika Anda memiliki kesulitan bangun, atur alarm untuk membantu.

(Okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar